Tuesday, February 5, 2013

Rhoma Di mata Dunia


Musik Dangdut adalah musik yang begitu berciri Indonesia. Dan setiap kali kita membicarakan mengenai musik Dangdut, tidak lepas dari nama sang raja Dangdut Rhoma Irama. Salah satu kutipannya yang terkenal, "Elvis saja bisa menjadi raja dengan gitarnya, saya juga bisa."

Lahir di Tasikmalaya sebagai anak bangsawan, tidak membuat Rhoma tumbuh menjadi pribadi yang tinggi hati. Dan hari ini, Riyan Arma ingin memberikan fakta unik seputar ayah dari pedangdut tampan Ridho Rhoma yang lahir 11 Desember 1946 itu. Tidak mau menyimak? sungguh TERLALU...^^

1. Rhoma Irama memang pantas disebut 'Raja' karena memang dirinya terlahir dengan gelar raden. Kedua orangtuanya adalah kaum bangsawan. Dan Rhoma adalah putra kedua dari 12 bersaudara! wow...

2. Nama Irama diberikan kepada Rhoma oleh ayahnya, Raden Burdah Anggawirya karena bersimpati dengan grup sandiwara asal Jakarta, Irama Baru yang pernah diundang menghibur pasukan di Tasikmalaya.

3. Melewati masa SMA di kota Solo, Rhoma mengalami masa pahit. Di mana dirinya menjadi pengamen jalanan dan ditampung di rumah seorang pengamen, Mas Gito.

4. Rhoma mendirikan Soneta Grup, grup orkes Melayu yang setia menemani aksi panggungnya pada 13 Oktober 1970.

5. Pergaulannya dengan musik, mempertemukannya dengan pimpinan band perempuan, Beach Girl yakni Veronica Agustina Timbuleng yang dia nikahi pada tahun 1972.

6. Rhoma pernah dilarang tampil di TVRI selama 11 tahun oleh pemerintahan jaman Orde Baru karena lagunya yang dianggap menyindir pemerintahan.

7. Semua uang yang dihasilkan dari filmnya disumbangkan untuk masjid, yatim piatu, kegiatan remaja dan perbaikan kampung. Rhoma hanya menggunakan uang hasil penjualan kaset untuk kehidupan. Di mana sejeblok-jebloknya kaset Rhoma di pasaran, miniman terjual sampai 400ribu kopi per album, hebat....sungguh terlalu hebat...

8. Doktor Sosiologi Universitas Ohio, AS, William Frederick pada tahun 1985, dalam tesisnya menyebut Rhoma Irama adalah revolusioner musik Indonesia. Di mana jika di Amerika ada sosok Mick Jagger, maka Indonesia memiliki Rhoma Irama.

9. Akhir April 1994, Rhoma menandatangani MoU dengan perusahaan recording di Jepang, di mana 200 lagunya direkam dalam bahasa Inggris dan Jepang, serta diedarkan di dunia internasional. Sehingga MURI memasukkan nama Rhoma sebagai raja dangdut Indonesia, dan sebelumnya tahun 1985, Asia Week sudah menempatkan Rhoma sebagai raja musik Asia Tenggara, Bahkan Banyak Seniman Musik Dunia Yang Menjuluki Rhoma Irama Adalah The Legend Of Dangdut International.

10. Album Begadang masuk dalam 150 album terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stones. Dia telah menciptakan lebih dari 800 lagu Dangdut dan mendapat predikat sebagai pencipta lagu Dangdut terlaris. Namanya diabadikan sebagai nama piala untuk 6 kategori permainan instrumen musik Dangdut.

Rhoma Irama adalah legenda hidup, setiap karya yang dia ciptakan adalah sebuah sejarah besar musik Indonesia. Rhoma sudah membanggakan Indonesia, jadi sebagai generasi baru di dunia musik, sudah sepantasnya kita memberikan penghormatan tinggi pada sosok Rhoma.

2 comments:

Unknown said...

mantap.....

odenjaea said...

TOTO's TOTO® Titanium Legs | TITanium Art
TOTO® Titanium Legs | TITanium Art | TITIA ART titanium razor | TITIAN ART. TOTO's TOTO® titanium 200 welder TOTO® titanium rod in leg TOTO® TOTO® TOTO® westcott scissors titanium TOTO® titanium oxide formula TOTO® TOTO® TOTO® TOTO®

Post a Comment

 
Design by Fajri Alhadi | Published by Template Dyto Share.us | Download Film Terbaru
Sisi Remaja Ebook Teknisi Komputer